Pages

27/11/10

Alkisah Bejo, sahabat gue yang absurd

Masa-masa SMP nggak kalah seru dari momen-momen lainnya. Gue masuk SMP Negeri 13 Bandung, sekolah yang cukup ngetren sampai sekarang. Masa-masa awal masuk SMP, gue pake seragam pake kancing full sampai ke leher, celana seperti jojon, muka pas-pasan dengan begitu gue rasa, gue nggak pantes lahir didunia ini, pantesnya di dunia persilatan dimana gue jadi peran Mbah Lampir - semacam cucu tiri dari Mak Lampir yang yang sekolah di SMP terkemuka di Bandung - sambil ketawa khasnya namun dicampur sedikit bass voices. Kalau gitu caranya gue sendiri juga bingung, gue itu Hulk atau Kolor Ijo (gak gitu juga kali ya).
Menurut gue hidup ini abstrak. Kita nggak akan pernah tahu apa yang akan terjadi. Seolah-olah tiba-tiba ada “coretan garis” yang mengisi hidup kita. Begitu pula gue saat bertemu temen-temen gue waktu SMP. Gue nggak pernah nyangka berkenalan dengan seseorang yang pinter tapi sangat absurd!
Saat kelas 1 SMP, gue sekelas dengan Ridwan dan beberapa sahabat lainnya. Ridwan orang yang sangat SKSD (sok kenal sok dekat) sehingga segala sesuatu, sampai yang tidak penting pun dia bahas.
Dan Bejo. Orang lain? Bukan! Masih orang yang sama. Yak. Bejo adalah panggilan dari Ridwan. Gue inget banget kenapa dia bisa dipanggil dengan nama Bejo, gue sebut kenangan itu sebagai “Edward Cullen-nya Bonjong Manjah” karena memang Bejo tinggal di Bonjong Manjah (disekitar Gedebage, Bandung). 
Berikut cerita :
Berawal dari SKSD-nya itu, nggak sedikit orang yang kenal sama dia. Suatu waktu kami berkumpul rame-rame. Ada Gue, Ridwan, Deki, Rendi. Seperti bisa kami guyonan dan bukan sesuatu hal yang aneh, ujung-ujungnya yang jadi korban adalah pasti Ridwan lagi … Ridwan lagi. Deki memulai guyonan sampai saat,yang ujung-ujungnya Ridwan lagi...Ridwan lagi, itu.
Dan tiba-tiba …. HAP !! Ada sesuatu yang nempel di bahu kiri Deki. Yak. TARING nan indah Ridwan udah nempel di bahu kiri Deki. Otak gue skip sebentar, gue lirik kiri kanan dan kayanya temen-temen gue yang lain juga nge-hang ….
“HARGHHH!!!” Ekspresi suara Ridwan waktu ngigit
Ekspresi deki gak kalah seru, dia melotot, semacam ekspresi kalau lagi poop tapi ternyata bayi yang keluar (bayangkan? mending gak usah)
Gigitannya lepas seakan darah yang dihisap Edward Cullen Bonjong Manjah udah habis, lalu…
“ahahahaha!" dia tertawa lepas "aduh sory kelepasan” sesal ridwan sambil ngusap-ngusap bahu Deki
Deki menunjuk bahunya ” anjiiiirrr…. APA INI ??!!!” 
Kami semua lihat ke bahunya Deki dan … Bekas gigitan Ridwan keliatan!!! itu karena ada warna kuning membentuk bekas gigitan di bahu Deki.
”ya ampun, gigi lo abis mewarnai di bahu si diki ??” Tanya gue
Semenjak itulah, Ridwan dipanggil Bejo oleh kami. Ridwan singkatan dari Beungeut Jorok berasal dari bahasa sunda yang artinya Muka Jorok. Sampai sekarang pun, dia cerita, kalau dia masih dipanggil Bejo sama teman-teman kuliahnya. Entahlah mungkin kemarin-kemarin dia gigit anu teman sepergaulannya masa kuliah.
Ada lagi ke-absurd-an Bejo, semacam :
  1. Dia pernah pake baju bola dengan tulisan “AMOEBA” di dadanya, gue pikir waktu itu Bejo ikut tim bola yang satu tim sama bakteri E Coli komplit sama Plankton dan dia semacam Squidward yang lari, dribble bola sambil megang idung. Kebetulan, karena Bejo memang mirip Squidward. Padahal “AMOEBA” katanya singkatan dari “Anak Moeda Bandung”. Yak. Anagh Moeda Bandung Gitchu Asal Bonjong Manjah.
  2. Pernah, entah dia sadar atau ngga. Sewaktu dia nebeng pergi sama temen gue yang bawa mobil, tanpa alasan dan dengan muka cuek dia buka pintu belakang mobil dan ngebiarin bangku depan kosong. Otomatis  temen gue seakan dianggap ... Yak! SUPIR. Untung temen gue gak angkat itu mobil dan banting ke arah Bejo. Bejo wafat. Sampai disini aja dia hadir di tulisan gue ini.
  3. Disalah satu acara tahunan ITB, gue bareng pergi Bejo. Tapi tiba-tiba Bejo ilang nggak tau kemana karena memang banyak banget orang disana. Setelah hampir 1,5 jam gue nyari, ternyata dia lagi makan baso tahu di stand yang emang ada disana. Gue tanya ke dia, kenapa dia bisa ilang gitu aja. Dia jawab : “sorry sha, gue cablak ngomong sendiri udah sekitaran 10 menit sambil megang pundak lo. ternyata  gue megang pundak orang, gue kira itu lo. Gue nggak nyari lo karena kunci motor ada di gue, nah paling lo yang nyari gue”. 1 detik dari kalimat terakhir itu, hati gue BERNANAH. Ternyata sahabat gue bener-bener tega sama gue

Well, sahabat gue yang satu ini memang orang yang polos dan jenaka sekali. Namun jangan salah, sewaktu SMA gue dapet kabar dia pernah memenangi lomba olimpiade biologi, gue lupa tingkat regional ato nasional. Mungkin zat-zat yang terkandung dibekas gigitan lo bisa jadi referensi juga buat lo menangin olim[iade itu ya jo?? hehehe

2 komentar:

skin mengatakan...

kalo Bejo ganteng kaya Edward Cullen, kenalin dooong!!

As'ad Ardhan mengatakan...

bawa body protector yaa, resiko ditanggung pengunjung!

Posting Komentar