Pages

19/08/11

Reuni Bareng Fiksi Gue


Gue lagi ababil. Ingin nulis di blog, tapi gue gak ada ide buat nulis. Ingin makan kue nastar ibu, tapi lagi puasa. Ingin punya pacar, tapi ya begitulah hidup. Kadang senang, kadang sedih. Kadang seronok, kadang senonoh. Akhirnya gue ngambil kesimpulan: 
Gue. Sendiri. Di. Sini.
BENTAR-BENTAR! KOK GUE JADI KEBAWA GALAU??!!!

Ok. Gue maafin gue sendiri. 
Mmh, gue tadi mampir ke tumblr blog gue yang udah usang, jarang lagi gue pake apalagi posting disitu.
Gue pernah bikin cerita fiksi. Judulnya: Nama Gue, Duri. 
Sebatas sharing fiksi ngasal gue, tapi ini udah gue edit2, karena sebelumnya berantakan abis. Setelah gue edit, ya masih berantakan. Pengen liat gimana berantakannya? yuk simak..



NAMA GUE, DURI


Duri. Yak, Itulah nama gue. Gue lahir di kota Garut, tanggal 9 juli 1990. Selama ini kebanyakan orang-orang ngira gue lahir di semacam Gurun tandus yang oase-nya invis, sehingga gue dikasih nama Duri (berasal dari kaktus). 
Banyak juga yang ngira waktu gue lahir, nyokap gue lagi ngidam duri, semacam duri-nya buah durian. (anggapan itu terbantahkan, karena nyokap gue ternyata bukan orang yang suka debus makanin beling). 
Waktu SMP gue suka di panggil “eno lerian” sama temen2 gue karena nama gue persis dengan salah satu lirik lagunya yaitu : dudidudidam dam dudidudidam, dimana mereka pelesetin jadi : duriduridamn damn duriduridamn
Lagu itu jadi semacam yel-yel saat gue bersiap nendang pinalti di acara PORAK (Pekan Olahraga dan Kesenian), dulu gue ikut tim futsal kelas, yel-yel itu emang bikin tim gue menang. Iya. Menang malu. Yak, Gue jadi penyebab tim gue kalah waktu itu. Gue gagal nendang penalti karena mata gue silindris.


Nama lengkap gue : Duriansyah Massaiyah. Sebanyak-banyak debu dan kotoran di telinga temen-temen dan guru gue, nama gue tetap terdengar asing sampai sekarang. Bahkan kakek dan nenek gue pun nggak nyangka nyokap sama bokap ngasih nama gue seperti itu.

Dulu pernah gue ke dokter sama nyokap, kebetulan sakit panas gue lagi memuncaknya waktu itu. Gue ke rumah sakit yang jadi tempat praktek dokter itu, dan terkenal banyak perawat-perawat yang cantik. 
Waktu gue ngantri giliran masuk, penyakit gue malah nambah. Semacam komplikasi di leher, itu akibat bolak-baliknya kepala gue karena banyak perawat cantik yang mondar-mandir depan gue. 
Nggak lama perawat manggil nama gue. “yak, Duri Massa…iyah?” suara lantang keluar dari perawat itu dengan nada tanya di bagian akhir. Perasaan gue bakal biasa-biasa aja kalau misalnya, waktu perawat manggil nama gue, orang-orang yang ikut ngantri cuman sedikit atau perasaan gue bakal lebih damai kalau misalnya, waktu perawat manggil nama gue, perawat yang mondar-mandir itu bakal ngedipin mata ke gue. Tapi itu hanya sebatas kata “kalau”. Sambil angkat tangan gue masuk ke ruangan dokter. Waktu ditanya dokter tentang penyakit yang nginep di badan gue, gue jawab “Komplikasi dok, awalnya panas tinggi, udah gitu rematik di leher, nah yang terakhir saya menderita panas dibagian muka sampai merah, dok!”
Waktu cita-cita gue pengen jadi artis. Gue berharap jadi artis yang sukses, good-image, nggak bakalan sombong ke temen-temen dan ramah ke semua orang. Gue pengen dikenal sebagai artis yang jadi Duta sosial dan lingkungan. Nggak bakalan kejebak godaan untuk “main malem” sama artis lainnya. Tujuan dari cita-cita gue waktu itu adalah banyak rejeki, mengantar ibu naik Haji dan membantu anak yatim. Tapi sekarang cita-cita itu berubah semenjak gue sadar kalo nama gue bener-bener jadi penghambat.
Gue nggak bisa ngebayangin kalau gue entar jadi terkenal, masuk nominasi semacam Piala Citra atau Indonesia Movie Award dengan nomine Aktor terbaik, tapi ketika penggemar gue teriak : “DURIII, AKUU PADAMUU” maka kedengarannya semacam, manusia physco yang rela badannya memeluk manusia penuh duri atau manusia yang hobi ngemil duri. Semenjak pikiran itu datang, mimpi gue untuk jadi artis gue kubur dalam-dalam.
Dulu gue pernah nanya ke nyokap kenapa nama gue se-asing itu bahkan di telinga gue sendiri. Nyokap gue bilang kalau duri itu berasal dari duri mawar. Indah mawarnya, tajam durinya. Mungkin filosofi-nya adalah gue diharapkan menjadi makhluk yang kuat dan cerdas semacam duri tetapi lembut semacam mawar. Yak. Itu emang ngasal abis. Kadang nama hanyalah sebuah nama, harapan hanyalah sebatas mimpi. 
Setelah nyokap menjelaskan arti nama depan gue, gue langsung bilang “oke cukup bu, arti nama selanjutnya biar duri yang karang”.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

sama donk suka dipanggil enno lerian.. hahaha :D

lumayan juga cerpennya.. :D
cukup menarik, tapi kurang panjang jln ceritanya hehehe

lanjutkan yah :D

As'ad Ardhan mengatakan...

mending cewek, gue cowok... *nangis dipojokan*
wow, thanks a bunch!
iya deh entar2 gue lanjutin ceritanya hehehe
sering2 mampir yee :)

Unknown mengatakan...

nama kita sama ..nama saya Duri Kalangi..yang artinya ???????????????? HAYOOOO....ANDA TAHU???HAHAHAH

Posting Komentar